Cara Benar Membuat Telur Mata Sapi

cara membuat telur mata sapi
Telur sudah lama dikenal sebagai makanan semua kalangan. Ia merupakan sumber protein hewani yang baik dan menyehatkan. Telur memiliki banyak keisitmewaan, selain praktis diolah, rasa telur juga cukup nikmat. Terlebih jika Anda meraciknya bersama bumbu-bumbu terbaik. Salah satu olahan telur yang paling banyak digemari adalah telur ceplok atau biasa juga dikenal dengan nama telur mata sapi. Cara membuat telur mata sapi ini sangat mudah, tinggal ceplok dan goreng. Mungkin karena hal inilah yang membuat telur mata sapi ini menjadi menu sarapan favorit semua orang. Tapi tunggu dulu, meski terkesan praktis, tapi ternyata diperlukan keahlian khusus agar rasa telur mata sapi ini sesuai dengan keinginan Anda. Berikut kami sajikan uraian lengkapnya.


Telur Mata Sapi Nikmat

Memang benar, cara membuat telur mata sapi cukup mudah. Tapi agar ia memiliki cita rasa yang nikmat, tentu Anda harus sedikit berusaha. Berikut kami sajikan cara membuat telur ceplok nikmat ini. Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:
  • Telur ayam atau bebek sebanyak 1 butir
  • Garam halus secukupnya.
  • Lada halus secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng sebanyak 1 sendok makan.

Setelah semua bahan siap, mulailah memanaskan wajan. Setelah suhunya tepat, pecahkanlah telur dan masukkan isinya langsung di wajan. Jangan digerakkan, biarkan sampai bagian putih tersebut sedikit mengeras. Kemudian taburi di atasnya garam halus dan juga lada bubuk sesuai selera Anda. Setelah itu masak hingga matang. Mudah bukan?

Jika Anda tak suka lada dan garam, Anda bisa memasak telur mata sapi tanpa tambahan bumbu apapun. Biasanya telur mata sapi yang demikian disantap dengan menambahkan kecap.

Telur Mata Sapi Di Amerika

Telur mata sapi ini merupakan makanan kegemaran semua orang termasuk di Benua Amerika. Di sana, cara membuat telur sapi sangat beragam dan dibagi berdasarkan tingkat kematangannya. Misalnya teknik over hard adalah telur mata sapi yang dimasak dengan cara dibolak-balik hingga ia bagian kuningnya matang sempurna. Adapula teknik over easy atau dikenal juga dengan nama Runny. Telur mata sapi dengan teknik ini dimasak dengan cara membaliknya hanya sekali saja atau bahkan tanpa dibalik. Jadi bagian kuning telurnya masih dalam keadaan mentah.