Beragam Kandungan Telur Ikan

kandungan telur ikan
Dari beragam jenis telur yang kita kenal, mungkin yang paling populer adalah telur ayam atau telur bebek. Padahal disamping kedua jenis telur tersebut, telur ikan tidak bisa diremehkan begitu saja. Nah, karenanya, dalam artikel kali ini, kami akan mencoba untuk membahas tentang kandungan telur ikan.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kandungan telur ikan sangat bermanfaat bagi tubuh. Satu sendok makan telur ikan dapat mengandung hingga 19-40 kalori, 3-4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Umumnya, orang dewasa memerlukan 46-56 gram protein setiap harinya untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. Sementara untuk karbohidrat, orang dewasa memerlukan sekitar 130 gram setiap harinya untuk persediaan energi.


Kandungan telur ikan lain yang tak kalah pentingnya adalah berbagai jenis mineral. Salah satunya adalah zat besi atau iron. Seseorang yang tidak mendapatkan cukup zat besi beresiko menderita anemia dengan gejala kelelahan, pusing atau sakit kepala, bahkan jantung berdebar-debar.  Selain itu, terdapat juga vitamin A yang sangat bagus untuk mata. Satu porsi telur ikan mengandung 1-6% vitamin A dari asupan perharinya. Tidak kalah pentingnya, vitamin C juga terdapat dalam telur ikan. Satu sendok makan telur ikan mengandung 4% vitamin c dari kebutuhan untuk orang dewasa.


Manfaat lainya dari telur ikan

Telur ikan, apapun jenisnya, juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat merangsang perkembangan otak. Penelitian yang telah dipresentasikan pada tahun 2009 oleh Weston A. Price Foundation Konferensi “Tradisi Bijaksana” telah mencatat meskipun semua jenis telur ikan mengandung asam lemak Omega 3. Akan tetapi, telur ikan salmon (atau yang disebut dengan roe salmon) mengandung omega 3 yang lebih baik dari telur ikan jenis lainya. Semakin besar ikan kemungkinan kandungan protein dalam telurnya akan lebih banyak. Selain ikan besar, ikan yang hidup di air dingin juga dapat menghasilkan telur yang berprotein tinggi.

Lemak esensial yang juga terdapat telur ikan dapat membantu fungsi kognitif, penurunan level depresi, dan dapat juga mengurangi gejala dari berbagai macam gangguan psikologi seperti Bipolar,Skizofrenia, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). ADHD yaitu gangguan fungsi otak yang berhubungan dengan perilaku seseorang seperti gangguan mental dan gangguan neurobehavioral. Fungsi lain dari lemak esensial dari telur ikan ini adalah untuk menjaga kesehatan jantung manusia supaya terhindar dari jantung lemah, kegagalan jantung dll.

Pertimbangan kandungan telur ikan!

Bagi seseorang yang sedang diet garam atau sedang menghindari garam, telur ikan tidak baik dikonsumsi dalam porsi banyak karena mengandung kadar sodium yang tinggi.

Beberapa telur ikan hanya memiliki 13 mg sodium tiap satu sendok makan. Namun, kaviar (telur ikan sturgeon) memiliki 240mg sodium dalam setiap porsinya. The American Heart Association menyarankan dalam tiap harinya membatasi jumlah natrium 1.500 mg atau kurang untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi, berbagai penyakit jantung, dan stroke.