Beragam Kandungan Telur Puyuh

kandungan telur puyuh
Telur puyuh memiliki maafaat bagi kesehatan . Kandungan telur puyuh  tak kalah pentingnya dengan telur-telur lainya. Burung dari telur ini tidak memiliki ekor dan memiliki ciri warna buli yang kecokelat-cokelatan. Burung unggas ini biasanya hidup di alam terbuka dan beriklim tropis. Tetapi, burung ungags yang satu ini sudah banyak dibudidayakan oleh seseorang karena daging dan telurnya yang banyak manfaat. Telur puyuh memang banyak disukai, digemari, enak, dan menyehatkan. Rasanya pun tak kalah enak dengan telur pada umumnya.

Berikut beberapa kandungan telur puyuh yang bisa anda ketahui:

  1. Telur puyuh adalah salah satu sumber protein terbaik. 100gr telur puyuh dapat mengandung 13,05 gr protein, tak jauh lebih tinggi dari telur ayam atau telur bebek.
  2. Keunggulan protein telur puyuh dibandingkan  dengan protein hewani lainnya yaitu daya cerna yang sangat tinggi. Jadi, setiap gram protein yang masuk dapat dicerna tubuh secara sempurna.
  3. Kandungan Globulin yang terdapat dalam telur puyuh lebih rendah dari pada telur ayam, sehingga tidak masalah jika orang yang menderita alergi telur untuk memakanya. Bahkan telur puyuh kadang justru dapat menyembuhkanya.
  4. Telur puyuh baik juga untuk nutrisi otak karena mengandung protein, vitamin,mineral dan lemak.
  5. Kolin berperan penting untuk tubuh, terutama untuk perkembangan otak. Di dalam telur puyuh ini juga kaya akan kolin. Hal ini berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi untuk pengantar sinyal saraf dan memperkuat daya ingat.
  6. Bagi ibu-ibu  yang sedang dalam masa kehamilan  juga dapat mengurangi resiko kematian sel pada janin, yang artinya dapat mengurangi kemungkinan bayi cacat dan keguguran. Sementara asupan kolinya dapat membantu perkembangan otak bayi secara optimal.
  7. Penelitian yang dilakukan oleh Ladd, dkk pada tahun 1993 menunjukan bahwa kolin baik dikonsumsi tidak hanya dalam masa pertumbuhan namun bisa juga oleh kaum lanjut usia, salah satunya dari telur puyuh tersebut.
  8. Beberapa penelitian yang juga dilakukan oleh Meck dan William pada tahun 1999 telah menunjukan bahwa untuk perkembangan janin optimal, pemberian makanan yang  kaya akan kolin sebaiknya pada usia kandungan 20-25 minggu sampai melahirkan.
  9. Kuning telur puyuh mengandung  Lutein dan Zeaksantin. Kandungan itu merupakan senyawa penting yang dapat meningkatkan kemampuan retina mata untuk menyerap cahaya biru 20-9%. Khususnya untuk anak-anak yang sering menonton TV. Mengkonsumsi  lutein setiap hari dapat membantu memperlambat proses penuaan hingga 40%.


Sangat beruntunglah kita karena di Negara kita Indonesia, sangat mudah untuk mendapatkan telur puyuh yang kaya manfaat ini dengan harga relative cukup murah. Semoga informasi kandungan telur puyuh yang saya berikan kepada anda dapat bermanfaat. Jadi, jangan abaikan telur kecil yang satu ini.