Sudah Tahu Manfaat Kuning Telur?

manfaat kuning telur
Selama ini, ulasan mengenai bahaya kuning telur banyak menyebar di media. Memang beberapa penelitian lanjutan menemukan fakta bahwa bagian kuning telur mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Tapi tidak bijak rasanya jika hasil penelitian tersebut menjadi dasar seseorang menjauhi kuning telur. Sebab walau bagaimanapun, manfaat kuning telur ini cukup beragam. Bukan pilihan bijak jika Anda melewatkannya begitu saja bukan? Apa saja manfaat yang dimaksud?


Mencegah Peradangan Hingga Penggumpalan Darah

Dalam sebutir telur, presentasi bagian yang kuning mencapai 30 sampai 32% berat totalnya. Kuning telur ini terdiri atas beberapa bagian yakni vitellin atau dikenal juga dengan nama membran kuning telur dan bagian kuning telur itu sendiri. Bagian kuning dari telur ini sebenarnya sangat penting sebab ia merupakan makanan dan sumber lemak dari embrio yang hendak tumbuh di dalam cangkang telur tersebut. Adapun komposisi senyawa yang terkandung di dalamnya antara lain:
  • Air sebanyak 50%
  • Lemak sebanyak 32 sampai 36%.
  • Protein sebanyak 16%.
  • Serta glukosa sebantak 1 sampai 2 %.
  • Adapun asam lemak yang ada di dalam kuning telur ini antara lain adalah oleat, linoleat serta stearat.

Semua senyawa yang ada di dalam kuning telur ini, masing-masing, memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Manfaat kuning telur yang dimaksud sebagai berikut:
  • Membantu meningkatkan testosterone. Di dalam kuning telur terdapat zinc atau seng yang merupakan trace mineral yang jarang dijumpai pada makanan lainnya. Zat ini sendiri bisa meningkatkan hormon pada laki-laki.
  • Mencegah terjadinya penggumpalan darah. Manfaat kuning telur yang satu ini sesungguhnya berlawanan dari apa yang dipahami masyarakat luas yang beranggapan telur bisa memicu penyakit jantung. Memang kolesterol pada kuning telur bisa berakibat pada jantung namun jangan lupakan kandungan proteinnya yang justru bisa mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah.
  • Bersifat anti-inflamasi (peradangan). Manfaat kuning telur ini bersumber dari senyawa kolin yang dikandungnya. Senyawa kolin ini bisa membantu meredakan nyeri akibat peradangan akibat osteoporosis atau arthritis misalnya.
  • Membantu menyehatkan mata. Konsumsi kuning telur akan membantu fungsi mata Anda berjalan dengan baik dan bahkan dalam tingkat konsumsi tertentu bisa mempertajam penglihatan.
  • Kuning telur sumber vitamin B12. Memang senyawa yang paling dikenali dalam kuning telur adalah vitamin B12 ini. Dan ia sangat baik dalam memelihara jaringan saraf di dalam tubuh kita.
  • Selain vitamin B12, kuning telur juga dikenal kaya akan zat besi. Dengan demikian ia sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil
  • Manfaat kuning telur selanjutnya adalah membantu mencegah terjadinya degenerasi pada otot. Kandungan senyawa yang ada di dalam telur mampu membuat otot Anda rileks.

Jadi, menghindari kuning telur bukan pilihan yang bijak bukan? Yang benar adalah membatasi jumlah konsumsinya. Lagipula, segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik, bukan?