Nikmatnya Telur Ikan Terbang dari Makassar

Telur Ikan Terbang
Beberapa saat yang lalu kami telah membahas tentang kandungan telur ikan. Kali ini akan kami bahas sedikit fakta mengenai salah satu jenis telur ikan yang berasal dari negara kita tercinta, yaitu telur ikan terbang dari Makassar.

Telur ikan terbang adalah makanan yang tergolong mewah di Negara-negara Asia Timur seperti Hong Kong, Jepang, Korea, Taiwan, dan China. Di Indonesia, makanan seperti ini banyak ditemukan di daerah Makassar. Orang-orang setempat menyebutnya “torani”. Telur ikan terbang memiliki bentuk lingkaran kecil-kecil yang saling menempel satu sama lain.


Nelayan di Makassar rajin berburu telur ikan terbang karena harga jualnya yang cukup tinggi. Satu kilogramya saja, nelayan bisa menjual dengan harga sekitar 200 sampai 500 ribu rupiah. Itu pun jika dijual di Negara sendiri saja. Kadang, beberapa nelayan memiliki kenalan pengusaha eksportir dimana mereka mampu mengekspor telur-telur ikan tersebut dengan harga yang lebih menguntungkan lagi.

Ikan terbang umumnya bertelur pada sekiar bulan April sampai September. Pada musim telur ini, setiap nelayan bisa mendapatkan telur ikan hingga puluhan bahkan ratusan telur ikan terbang segar dalam satu kali pelayaran. Padahal, nelayan hanya perlu sekitar 2-3 hari untuk sekali berlayar. Maka, dapat dibayangkan betapa besar keuntungan yang diperoleh para nelayan tersebut jika mereka rajin berlayar pada musim ini. Di musim tersebut, omset perdagangan telur ikan terbang di Makassar dapat mencapai miliaran rupiah per harinya.

Menjadi “nelayan telur ikan terbang” di Makassar merupakan profesi yang sangat umum di daerah pesisir. Pada awalnya dulu, hanya ada satu orang saja yang menjadi nelayan semacam itu di sana, yaitu seorang warga Makassar peranakan Cina. Karena orang tersebut sukses besar, maka banyak warga lain yang mengikuti caranya.

Di Negara-negara Asia Timur, telur ikan terbang banyak digunakan pada sushi. Warnanya yang oranye terang tampak cerah dan menggugah selera. Untuk membuat sushi, telur ikan terbang tidak perlu dimasak terlalu lama. Wajar saja, karena orang Jepang kebanyakan memang menyukai ikan mentah untuk sushi.

Sementara itu, di Makassar sendiri, masyarakat setempat pun punya cara sendiri untuk memasaknya, salah satunya yaitu dibuat acar. Untuk membuatnya, mula-mula telur ikan terbang tersebut direbus sampai matang. Namun, jangan sampai terlalu matang karena akan mencerai beraikan ikatan antar telurnya. Setelah itu, rebusan telur ini dapat dicampur dengan berbagai macam bumbu dan pelengkap, kemudian disajikan dalam keadaan hangat.

Seperti halnya produk makanan lain, telur ikan terbang mengandung protein yang tinggi. Selain itu, telur ikan terbang juga mengandung banyak Omega 3 yang sangat baik bagi otak. Itulah sebabnya orang Jepang sangat gemar mengkonsumsi makanan yang satu ini.