Sejuta Manfaat Telur Bebek

manfaat telur bebek
Telur merupakan salah satu sumber protein hewani (selain daging-dagingan) yang banyak digemari masyarakat. Umumnye telur diperoleh dari jenis-jenis unggas seperti bebek, angsa, ayam, itik bahkan juga burung puyuh. Sebagai sumber protein, telur mengandung banyak kebaikan. Ia bahkan dianggap lebih baik dari daging ayam, ikan, tahu, juga tempe. Alasannya, karena kandungan asam amino telur merupakan yang paling lengkap jika dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Soal protein, penelitian lanjutan mendapati fakta bahwa telur bebek memiliki kadar yang jauh lebih tinggi dibandingkan telur dari jenis unggas lainnya. Hal ini pulalah yang membuat manfaat telur bebek, jauh di atas telur ayam atau juga puyuh. Benarkah?


Telur Bebek Yang Superior

Anggapan bahwa telur bebek memiliki keunggulan dibandingakan dengan jenis telur lainnya sesungguhnya kurang tepat sebab berdasarkan hasil penelitian, senyawa yang terkandung di dalamnya kurang lebih sama dengan yang ada pada jenis telur lain. Memang terdapat perbedaan jumlah, hanya saja tidak mencapai angka yang signifikan. Jadi, anggapan bahwa telur bebek superior dari telur lainnya perlu dihapuskan.

Jadi Apa Saja Manfaat Si Telur Bebek?

Jika kita berbicara pada manfaat, maka sudah barang tentu, telur ayam dan telur bebek memiliki khasiat yang sama bagi tubuh manusia. Telur bebek mengandung vitamin A yang banyak, dengan demikian ia juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata kita, memperkuat sistem kekebalan tubuh, memerangi pengaruh buruk radikal bebas dan masih banyak lagi lainnya.

Selanjutnya, telur bebek juga diketahui mengandung vitamin E sebanyak kurang lebih 0,9 mg per butirnya. Dengan demikian, salah satu manfaat telur bebek adalah sebagai sumber anti-oksidan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan akibat polusi, membantu tubuh Anda melawan penyakit, serta memelihara sisitem metabolisme tubuh. Senyawa penting lainnya yang ada di dalam telur bebek adalah protein. Ia memiliki banyak kebaikan bagi tubuh kita. Protein berperan dalam memelihara sel saraf di dalam tubuh.

Manfaat telur bebek lainnya yang begitu melegenda adalah kemampuannya untuk menambah vitalitas bagi pria. Meski belum ada penelitian lanjutan namun banyak orang yang sudah merasakan khasiat ini. Konon kabarnya dengan mengkonsumsi telur bebek mentah per hari, keluhan lemah syahwat bisa diatasi. Biasanya masyarakat menambahkan madu asli ke dalam telur dan diminum tanpa diolah terlebih dahulu. Manfaat ini mungkin saja berkaitan dengan kandungan zat besi dari telur yang memang dikenal baik bagi sistem reproduksi manusia. Namun, bagaimanapun, belum ada penelitian ilmiah yang mengungkap kebenaran ini, jadi masih sekedar pendapat pribadi mereka yang telah mencoba ramuan tersebut.